Senin, 12 Oktober 2015

Pembaruan All New Yaris dan Toyota Rush

Dengan segala kelengkapan hiburan kabin All-New Yaris, pada dasarnya tidak perlu lagi ada perubahan. Head unit yang berperan sebagai pusat komando fasilitas punya berbagai kelengkapan canggih, tapi bagaimana kalau pemilik ingin sesuatu yang lain? Menurut Eddy, bos gerai audio Vivre di Kemayoran All-New Yaris termasuk kasus khusus, jadi penanganannya harus dilakukan “dokter spesialis” bukan “dokter umum”. Sebab konsumen yang ingin mengganti head unit Yaris terbaru harus siap kehilangan berbagai fitur untuk mendapatkan keinginannya.

“Kalau head unit Yaris yang baru memang bisa diganti, tapi tingkat kerumitannya luar biasa. Misalnya diganti, sistem bawaan seperti GPS, Bluetooh, Toyota Move, gak bisa jalan. Cara ini memang dibuat seperti memonopoli agar tidak semua orang bisa ganti,” ulas Eddy, Jumat. Menyesuaikan konsep modern, Yaris generasi keempat kini dilengkapi head unit canggih berbasis Android. Fitur standar sudah maksimal, terdapat radio, pemutar DVD, koneksi USB dan Bluetooth. Namun masih ditambah air gesture, Toyota Move, dan browsing internet via Wi-FI. Bila fitur-fitur itu hilang, bisa jadi pemilik hanya mendapatkan kemampuan sistem audio saja. “Biasanya yang mau ganti head unit seperti Yaris termasuk modifikasi ekstrem, mereka belum puas dengan hasil yang ada dan mau memaksimalkan suara. Kalau seperti ini selera kupingnya tinggi,” tutup Eddy.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa All-New Yaris masih "on track" dan diyakini akan terus demikian. Meski Honda sudah menelurkan All-New Jazz generasi baru sebagai pesaing sesungguhnya, penjualan Yaris dirasa akan relatif stabil.

Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM mengatakan bahwa Yaris masih menjadi pilihan masyarakat. Hal itu terbukti dari banyaknya pengantre, terutama tipe tertinggi (TRD Sportivo A/T) yang rela menunggu hingga dua bulan. "Permintaan di luar perkiraan, dan kami memohon maaf serta berterima kasih untuk konsumen yang rela menunggu," ungkap Samulo. Dikatakan, Harga Toyota Yaris inden Yaris baru, Toyota Yaris terutama, Harga Yaris tipe tertinggi adalah imbas fenomena launching. Banyak orang yang tidak menyangka desain dan spesifikasi akan berubah drastis. Jika pasar sudah stabil, tipe tengah diyakini akan mulai banyak menjadi pilihan.

Hingga saat ini, perkiraan Samulo tentang pasar hatchback yang dihuni Yaris ada di angka sekitar 5.500-an unit. TAM ingin merebut 30 persen, atau masih di target semula 2.000-an unit sebulan. Tren positif dengan penjualan Yaris baru sekitar 2.300-an unit bulan lalu dijadikan sebagai patokan untuk penjualan di bulan selanjutnya. Andai permintaan Yaris kembali melebihi perkiraan seperti saat ini, Samulo yakin akan cepat dikejar, karena model hatchback ini sudah diproduksi secara lokal di Toyota Motors Manufacturing Indonesia.

Toyota Rush tampil segar dengan sejumlah perubahan. Tak hanya eksterior, fitur kenyamanan dan penunjang keamanan ditambah. Banyaknya improvement tapi harga cuma naik Rp 4-7 juta membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis, Rush akan mendominasi segmen medium SUV. Lalu, apa saja yang disegarkan? Pertama jelas penampilan. Konsep desain lebih sporty, mewah, maskulin, dan modern. Semua bagian semakin manis, terutama depan. Gril diberi garis-garis warna hitam, dipadu lampu dengan desain baru. Bemper sporty dengan ornamen warna hitam, berkesan lebih lebar dan kokoh.

Di belakang, pembungkus ban cadangan berdesain baru, termasuk bemper dan tambahan spoiler. Pelek atraktif, mengikuti gaya masa kini. Versi TRD lebih sporty lagi, ditambah beberapa aksen rancangan Product Planning Development Division TAM. Konsep ”stylish urban cruiser” dipakai untuk memperkuat citra New Rush TRD Sportivo sebagai mobil perkotaan. Untuk versi TRD, Harga Toyota Rush kursi jok berdesain baru, Toyota Rush dengan ornamen, Harga Rush jahitan merah serta headrest yang mudah diatur. Sistem hiburan terintegrasi dengan layar sentuh 6,1 inci dilengkapi Bluetooth. Setir gaya baru, diklaim lebih nyaman digenggam.

Semua tipe, baik G atau TRD dilengkapi opsi penambahan jok baris ketiga. Karena masih menggunakan platform yang sama dengan model sebelumnya, ukuran kabin juga tak berubah. Semua tipe New Rush kini sudah dilengkapi fitur keamanan lengkap. Mulai dari kantung udara untuk dua penumpang depan, ISOFIX pada baris kedua untuk menunjang keselamatan si kecil, hingga sabuk pengaman pretensioner dengan pengatur kekencangan.

Pengereman sudah dilengkapi ABS, sedangkan bagian belakang ditambah sensor untuk peringatan saat parkir. Sistem alarm khas Toyota dipasang sebagai peranti standar. Setir colapsible yang bisa patah saat menabrak, dan struktur bodi kokoh menjadi pelindung penumpang.

Selebihnya, sama dengan model lama. Mulai mesin 1.500cc DOHC VVT-i dengan tenaga maksimal 109 PS, atau suspensi yang masih menggunakan tipe MacPherson Strut di depan dan 4Link lateral rod di belakang.

Source : Harga Toyota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.